Komitmen PT Agincourt Resources Untuk Keanekaragaman Hayati

Bumi menyediakan begitu banyak material untuk dikelola oleh manusia, baik itu yang terdapat di permukaan seperti tumbuh-tumbuhan atau yang berada di bawah tanah seperti berbagai macam mineral yang bisa bermanfaat bagi manusia. Pengelolaan tambang yang baik untuk mendapatkan kekayaan bumi di bawah permukaan mendukung pembangunan sosio-ekonomi masyarakat dan lingkungan di sekitar tambang. Dan bila dikelola secara bertanggungjawab dan efisien, usaha pertambangan bisa mendukung upaya konservasi dan perlindungan keanekaragaman hayati dan ekosistem.

Keanekaragaman hayati merupakan kunci bagi kehidupan sebuah ekosistem. Keanekaragaman hayati mencakup kekayaan spesies dan kompleksitas ekosistem sehingga dapat memengaruhi komunitas organisme, perkembangan dan stabilitas ekosistem. Punahnya satu spesies mempengaruhi tatanan seluruh ekosistem. PT Agincourt Resources (PTAR) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan mempunyai integritas yang kuat dengan keanekaragaman hayati. Perusahaan yang mengelola tambang emas Martabe di Batangtoru, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara ini berkomitmen untuk melindungi keanekaragaman hayati dalam menjalankan usahanya. Wujud komitmen tersebut berupa adanya kebijakan keanekaragaman hayati perusahaan yang telah dan akan terus diwujudkan di masa mendatang.

Walaupun usaha tambang tetap menimbulkan dampak lingkungan dan membutuhkan banyak energi, tetapi, sebagaimana dinyatakan Instituto Brasileiro De Mineracao (IBRAM) dalam Mining and Green Economy, pertambangan juga memberikan kontribusi sosio-ekonomi yang signifikan. Tidak bisa dipungkiri, pertambangan memberi sumbangan pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB), mendorong tumbuhnya investasi dalam infrastruktur dan logistik, pengembangan teknologi, serta peningkatan kualifikasi para profesional dan bahkan juga mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di kawasan sekitar tambang. Dalam hal ini, PTAR merangkul masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kapabilitas generasi muda dalam meningkatkan kualitas individu. PTAR telah mendukung pembangunan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, gedung kebudayaan, fasilitas kesehatan, pembangkit listrik mini hidro dan banyak lagi.
Ketika dikelola dengan baik, hasil penambangan bisa mendukung pembangunan sosio-ekonomi masyarakat sekitarnya. Dan bila dikelola secara bertanggungjawab, usaha pertambangan juga bisa mendorong konservasi lingkungan dan ekosistem, serta menjaganya saat masih beroperasi maupun sesudahnya. Terkait dua sisi dampak penambangan tersebut, jelas, upaya perusahaan untuk mendapatkan keuntungan tanpa menafikan kepentingan masyarakat dan lingkungan hanya dan hanya dapat dilakukan dengan mengelola kawasan tambang secara bertanggungjawab. Di Indonesia, upaya itu diatur dalam UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba) yang menyebut kegiatan pertambangan harus berkelanjutan (sustainable) dan berwawasan lingkungan.

Banyak contoh sumbangsih perusahaan tambang untuk masyarakat dan lingkungan mungkin tampak sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) belaka, sehingga terkesan memenuhi kewajiban dan bukan semata kebaikan. Padahal bila mengacu pada ISO 26000, posisi CSR di tataran internasional sudah bergeser dari sekedar berbagi profit menjadi bagian integral bisnis perusahaan yang berkelanjutan.
Serius Dalam Menjaga Keanekaragaman Hayati

Keseriusan dalam mendukung upaya konservasi ekosistem dan keanekaragaman hayati dibuktikan dengan tindakan nyata oleh PTAR. Perusahaan yang bernaung di bawah PT Astra International Tbk ini bahkan membentuk Departemen Environment sebuah departemen yang menangani lingkungan dan keanekaragaman hayati dan merangkul pihak-pihak seperti akademisi, peneliti, pemerintah daerah, masyarakat, organisasi pecinta lingkungan dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Departemen Environment di PT Agincourt Resources (PTAR) bertugas menghijaukan kembali lahan sisa kelola tambang dan menghidupkan ekosistem yang dihuni berbagai spesies, tidak hanya tumbuhan tetapi juga hewan. Pada prinsipnya bila tanaman bisa tumbuh dengan baik dan menyediakan tempat tinggal dan makanan bagi hewan-hewan, maka spesies lain akan berdatangan. Departemen Environment PTAR melakukan penyemaian ribuan bibit pohon di fasilitas nursery dari spesies lokal dan membagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma. Untuk area bekas tambang, jenis yang ditanam adalah pohon yang dapat tumbuh dengan cepat seperti sengon dan trembesi sebagai tumbuhan peneduh yang juga dapat mengikat nitrogen untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa jenis tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik di area terbuka.

Tidak hanya menyemai jenis tumbuhan yang banyak terdapat di kawasan Batangtoru, personel dari Departemen Environment secara berkala masuk ke dalam hutan dan bila menemukan bibit dari spesies yang tergolong unik dan langka, mereka akan membawa bibit itu ke fasilitas nursery dan memberikan perlakuan khusus untuk melestarikan bibit tanaman tersebut.

“Kami tidak hanya menyemai bibit pohon yang banyak terdapat di alam, kami juga menyemai dan merawat dengan perlakuan yang khusus untuk beberapa jenis spesies langka yang kami temui saat kami berjalan ke dalam hutan.” ungkap Fitri Rahmadani, staf Departemen Environment PTAR.

Untuk menghijaukan kembali sebuah lahan, selain menanam bibit yang telah disemai dalam polybag dan terbentuk sebagai pohon kecil, mereka juga menebar biji-bijian/bola benih dari tanaman seperti rambutan hutan, kemayau dan torop. Mereka tidak sekedar menebar benih, tetapi juga melakukan pemantauan. Bola benih ditebar di berbagai sudut kemiringan tanah, lalu diperhatikan apakah bola benih pecah saat menyentuh tanah atau tertanam dengan baik atau pecah karena lapisan batu. Curah hujan yang menyiram area penghijauan kembali pun dicatat. Secara berkala bola benih yang telah berkecambah dicatat, dipantau dan diberi perlakuan agar bisa tumbuh sebagai tanaman dewasa.

Keberhasilan PTAR dalam menanam kembali lahan bekas tambang dapat dilihat dari hadirnya banyak spesies hewan di ekosistem baru yang terbentuk dari bibit pohon hasil semai departemen lingkungan PTAR. Setiap spesies yang mendatangi dan tinggal di ekosistem baru yang dihijaukan kembali oleh PTAR dipantau, dicatat dan didokumentasikan. Hewan-hewan tersebut adalah berbagai jenis burung seperti Cinenen Merah (Orthotomus sericeus), burung madu rimba (Hypogramma hypogrammicum), burung kacer (Copsychus saularis), Kehicap Ranting (Hypothimis azurea), Rimbang Pongpong (Macronous ptilosus) hingga berbagai jenis katak seperti katak hijau (Hylarana erythraea), kodok bangkong kolong (Duttaphrynus melanostictus), katak Kongkang jangkrik (Hylarana nicobariensis), katak pohon (Polypedates otilopus), katak pohon bergaris atau gedindang (Polypedates leucomystax) dan juga mamalia seperti kera ekor panjang, ular piton, kambing hutan, kura-kura jenis Manouriaemys dan Amydacartilagenia. Jenis pohon yang ditanam dan dapat mengembalikan kesuburan tanah sehingga dapat memberikan habitat yang baru bagi banyak spesies tersebut mulai dari sengon, waru, meranti merah hingga durian. Ada pula tanaman endemik lokal seperti Styrax Paralleloneurum atau kemenyan toba yang banyak tumbuh di daerah Tapanuli. Kehadiran fauna di area penghijauan kembali merupakan bukti yang menggembirakan dari upaya menjaga keanekaragaman hayati.

Keberlanjutan Adalah Bagian Integral Dari Bisnis

Sedemikian detil perhatian Departemen Environment PTAR terhadap keberlanjutan dan kelestarian ekosistem untuk mengembalikan dan mewariskan keanekaragaman hayati kepada generasi penerus dan menjadi perusahaan tambang yang sustainable. Komitmen kuat PTAR terhadap keanekaragaman hayati juga ditunjang oleh komitmen PTAR untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong tumbuhnya Indek Pembangunan Manusia di kawasan sekitar tambang. PTAR memandang bila masyarakat sejahtera dan memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja, maka masyarakat tidak akan mencari mata pencaharian ke dalam hutan. Dengan penyuluhan dan komunikasi yang baik kepada masyarakat, PTAR mengajak dan mendukung setiap upaya melindungi hutan dan ekosistem karena bagi PTAR, kelestarian alam dan terjaganya keanekaragaman hayati adalah bagian integral dari bisnis.

PTAR menghindari menebang pohon bila tidak perlu meski itu berada di area tambang. Bila terpaksa menebang, Departemen Environment telah memiliki perencanaan untuk menghutankan kembali area tersebut. Dalam hal pembukaan lahan untuk meskipun berada di di dalam wilayah batas kelola, PTAR menganut prinsip yang cukup konservatif. Pertimbangan dan perhitungan disusun dengan penelitian dan riset yang mendalam. Persetujuan berbagai pihak dan juga Kementerian Lingkungan Hidup diajukan jauh-jauh hari sebelum pembukaan lahan. Meskipun jaraknya cukup jauh dari hutan Batangtoru, PTAR juga selalu mendukung upaya perlindungan dan pelestarian habitat hutan dan sungai Batangtoru. PTAR menyediakan bibit secara cuma-cuma untuk upaya penghutanan kembali setiap lahan, mengadakan seminar dan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tambang tentang pentingnya keanekaragaman hayati yang menunjang kehidupan banyak warga di wilayah Batangtoru.
PTAR tidak berhenti mengembalikan “utang” kepada alam dengan hanya berfokus pada flora, PTAR juga bekerjasama dengan pusat penangkaran hewan liar, dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara untuk melestarikan hewan liar yang terjebak atau dipelihara secara ilegal oleh penduduk.

Bila para pemangku kepentingan, bergandengan tangan dengan perusahaan-perusahaan tambang dan masyarakat sanggup memegang komitmen di atas, dengan tidak meremehkan sikap dan suara kritis, juga memperhatikan dampak terhadap masyarakat dan lingkungan selagi penambangan berlangsung, keberlanjutan lingkungan dan tambang yang ramah lingkungan bisa berjalan bersama tanpa menghasilkan kerusakan. Apabila masa depan lingkungan bergantung pada perusahaan tambang, di saat bersamaan publik juga punya tanggungjawab yang sama untuk mengawal semua janji dan komitmen mereka. ***

judi online baccarat togel idn play tangkas88 infini88 slot bonanza88 slot online agen sbobet pragmatic slot pulsa sbobet slot deposit dana situs judi online selot autowin88 slot vegasslot pokerseri joker123